Selasa, 23 Agustus 2011

Harry Potter

All About The Series

Harry Potter and The Sorcere’s Stone
                Adalah seorang anak bernama Harry Potter, yatim piatu yang diasuh oleh bibi dan pamannya yang tdk menyukainya. Pada usia 11, seorang pria raksasa bernama Rubeus Hagrid memberitahu bahwa ia adalah seorang penyihir. Orang tuanya dibunuh oleh seorang penyihir gelap, Lord Voldemort. Di Sekolah Sihir Hogwarts ia memulai tahun pertamanya dimana ia belajar tentang sihir bersama dgn teman – teman barunya, Ron Weasly dan Hermione Granger. Selama tahun – tahun awal tersebut, trio ini terjerat dl misteri Batu Bertuah, yg disimpan secara misterius di salah satu ruang rahasia sekolah.




Harry Potter and The Chamber of Secrets
            Kali ini, Harry, Hermione, da Ron kembali ke Hogwarts untuk tahun kedua mereka bersekolah, yg terbukti lebih menantang. Sebuah ruangan yg disebut Kamar Rahasia telah terbuka, dan anehnya banyak dari para siswa dan hantu berubah membatu oleh raksasa yg baru saja ikut terlepas. Harry harus menghadapi tuduhan bahwa ia adalah pewaris Salazar Slytherin (pendiri Kamar Rahasia). Karena Harry dpt berbicara dgn menggunakan Parseltongue (bahasa ular) dan juga menemukan properti dari buku rahasia.








Harry Potter and The Prisoner of Azkaban
            Terpidana pembunuh Sirius Black dikabarkan telah lolos dari Penjara Azkaban. Kementrian sihir mempercayakan para Dementor Azkaban untuk menjaga Hogwarts dari Sirius Black yg dikabarkan akan mendatangi sekolah itu untuk mengacau. Dalam film ini, Harry belajar lebih banyak tentang masa lalunya dan menemukan hubungan unik dari tahanan yg melarikan diri tersebut.







Harry Potter and The Goblet of Fire
            Selama tahun keempat pendidikan Harry di Hogwarts, sebuah tanda hitam muncul di langit setelah serangan Death Eaters di Piala Dunia Quidditch, Hogwarts menjadi tuan rumah bagi sebuah event legendaris : Turnamen Triwizard. Seorang profesor baru bernama Alastor Moody hadir. Dan mimpi buruk sering mengganggu Harry sepanjang tahun. Piala Api memilih Fleur Delacour, Victor Krum dan Cedric Diggory untuk bersaing satu sama lain. Namun, anehnya nama Harry juga dilontarkan dari Piala, membuatnya menjadi juara keempat, yg menyebabkan sebuah pertemuan mengerikan dgn seseorang yg tak terduga.




Harry Potter and The Order of Phoenix
            Tahun kelima Harry Potter dimulai dengan serangan terhadapnya yg dilakukan oleh para Dementor di Little Whinging. Setelah kejadian itu, Harry mengetahui bahwa Kementrian Sihir sedang melakukan penyangkalan fakta bahwa Lord Voldemort telah kelbali. Harry juga dilanda oleh mimpi buruk yg sangat mengganggu dan terasa cukup realistis. Sementara Profesor Umbridge, seorang wakil Menteri Sihir Cornelus Fudge, menjadi guru baru untuk Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam. Oleh karena itu, pemberontakan dimulai. Dgn melibatkan siswa Hogwarts, organisasi rahasia Orde Phoenix, Kementrian Sihir, dan para Pelahap Maut!




Harry Potter and The Half-Blood Prince
            Pada tahun keenam, Lord Voldemort dan para Death Eaters merajalela dgn teror mereka atas dunia Sihir maupun Muggle. Kepala Sekolah Albus Dumbledore membujuk koleganya, Horace Slughorn untuk kembali ke Hogwatrs sebagai profesor. Sementara itu, Dombledore dan Harry diam – diam bekerjasama untuk menemukan metode menghancurkan Voldemort. Dan dibalik semua itu, Draco Malfoy berjuang untuk melakukan suatu perbuatan yg ditugaskan kepadanya oleh Voldemort, yaitu membunuh Dombledore. Tetapi Dombledore menyuruh Snape membunuh dirinya sendiri dikarenakan suatu alasan yg akan dijelaskan lebih rinci di Harry Potter and The Deathly Hallows.




Harry Potter and The Deathly Hallows
            Setelah kematian Dombledore, Voldemort telah menyelesaikan ambisi kekuasaanya dan mengontrol Kementrian Sihir. Harry, Ron, dan Hermione memutuskan untuk menemukan dan menghancurkan Horcrux milik Voldemort yg tersisa. Mereka mengisolasi diri untuk memastikan keselamatan keluarga dan teman – teman. Mereka tdk memiliki pengetahuan banyak tentang sisa Horcrux kecuali keungkinan bahwa dua dari keseluruhannya adalah benda milik pendiri Hogwarts, Rowena Ravenclaw dan Helga Hufflepuff, dan yg ketiga adalah Nagini, ular Voldemort.
            Dlm perjalanan, mereka mendapat simbol aneh, yg oleh seorang penyihir bernama Xenophilius Lovegood (ayah Luna) dikatakan sebagai Relikui Kematian. Ketiganya memutuskan bahwa menemukan Horcrux Voldemort lebih penting daripada relikui itu sendiri. Mereka masuk ke lemari besi Bellatrix Lestrange di Bank Sihir Gringotts untuk memulihkan Horcrux lain, cangkir Helga Hufflepuff. Harry menyadari bahwa Horcrux lain tersembunyi di Hogwarts, dan mereka pun memasuki sekolah. Kisahnya memuncak dlm Prtempuran Hogwarts. Harry, Ron, dan Hermione, dlm hubungannya dgn siswa dan anggota dunia sihir menentang bangkitnya Voldemort, mempertahankan Hogwarts dari Voldemort, Death Eaters-nya, dan berbagai makhluk ajaib. Pertempuran yg sangat hebat pun terjadi di Hogwarts. Dengan semua bantuan Ron, Hermione, Luna, dan semuanya, terutama Neville yg telah menghancurkan Horcrux terakhir (Nagini), kemenangan pun ditangan Hogwarts. And it all end. Harry bahagia dan Ginny serta ketiga anaknya (James, Albus, Lily). Ron dan Hermione serta kedua anaknya (Huge dan Rose) hidup bahagia. Dunia Sihir dan Hogwarts pun tentram tanpa adanya ancaman – ancaman dari Kau-Tahu-Siapa.




Harry Potter adalah sebuah serial film fantasi yg diangkat dari novel berjudul sama karya J.K. Rowling. Tak bisa dipungkiri, setelah berjalan hampir selama 10 thn lebih, film ini merupakan salah satu film dgn keuntungan kotor terbesar sepanjang masa yaitu sebesar $3,5 miliar dibawah serial – serial James Bond ($4,3 miliar) dan Star Wars ($6 miliar). Namun demikian, seri film Harry Potter merupakan film dgn keuntungan kotor terbesar di dunia untuk kategori film yg diadaptasi dari buku, dan mengalahkan trilogi film The Lord of The Rings ($2,9 miliar).

Radcliffe, Grint, dan Watson menangis pada hari terakhir, terharu karena itu adalah akhir pekerjaan bareng mereka selama sepuluh tahun lamanya. Saat ini sulit membayangkan sebuah akhir untuk Potter, namun sambutlah selesainya syuting penuh keharuan ini. Sebagamana yang dikatakan Radcliffe, “Aku akan menjadi sedih menyelesaikan seri ini, tapi aku akan sangat berprestasi saat menyelesaikan film ini karena ini akan menjadi syuting terpanjang yg mungkin pernah aku lakukan dlm karirku. Dan semoga kami akan tetap berhubungan. Kami mungkin akan berperan sebagai guru dalam remake 30 thn mendatang.”

Postingan ini gue tulis sengaja buat fans Harry Potter, yang setia nunggu bertahun tahun : )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar